Jumat, 23 Oktober 2009

RPP Perkembangan tabel periodik unsur

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 1

Nama Sekolah :

Mata Pelajaran : Kimia

Kelas/Semester : X/1

Alokasi Waktu : 1 kali pertemuan (2 x 45`)

I. Standar Kompetensi

Memahami struktur atom, sifat-sifat periodik unsur, dan ikatan kimia

II. Kompetensi Dasar

Memahami struktur atom berdasarkan teori atom Bohr, sifat-sifat unsur, massa atom relatif, dan sifat-sifat periodik unsur dalam tabel periodik serta menyadari keteraturannya, melalui pemahaman konfigurasi elektron

III. Materi Pembelajaran

Perkembangan tabel periodik unsur.

a.Pengelompokan unsur berdasarkan sifat logam dan non logam

b. Pengelompokan unsur berdasarkan Hk triade (Dobreiner)

c. Pengolompokan Unsur berdasarkan sistem Oktaf (Newland)

d. Pengolompokan Unsur berdasarkan sistem Kenaikan Masa Atom ( Mendeleev)

e. Pengolompokan Unsur berdasarkan sistem Kenaikan Nomor Atom(Modern)

IV. Indikator

4.1 KOGNITIF ; a. Membandingkan perkembangan tabel periodik unsur untuk

mengidentifikasi kelebihan dan kekurangannya.

b. Menjelaskan dasar pengelompokan unsur-unsur.

4.2 Psikomotor Menyusun Kartu pada Tabel Periodik

4.3 Afektif 1. Kerjasama dalam kelompok

2.Mengemukakan Pendapat

3.Partisipasi dalam kelompok

4.Menghargai Pendapat Orang Lain

4.4 Pendidikan Kecakapan Hidup

- Kesadaran diri : menyadari kebesaran ALLAH dengan adanya keteraturan Unsur

- Kesadaran Berpikir : Rasional,menggali dan mengolah Informasi

- Kecakapan Sosial : Bekerjasama dan Komunikasi Lisan

V. Strategi Pembelajaran

5.1.Metoda : Cooperatif Learning,Jigsaw

Pendekatan : Ketrampilan Proses

5.2. Langkah Pembelajaran

5.2.1. Pendahuluan : a. Prasarat pengetahuan ;mengenal nama dan Lambang Unsur

b. Motivasi ; Memperlihatkan Tabel periodik

c. Masalah ; Bagaimana cara penyusunan unsur pada tabel periodik ?

5.2.2 Kegiatan Inti

a. Siswa dikelompokkan menjadi 6 kelompok dengan sistem Tamu

b. Tiap kelompok membahas masing-masing salah satu cara

pengelompokan unsur

c,.Tiap kelompok mengemukakan hasil pembahasan

d. Siswa menjawab pertanyaan

Z Alat dan Sumber Pelajaran

o Tabel Perodik

o Kartu Unsur

Z Sumber

o Buku Paket Kimia I

o Buku yang relepan

VI. Penilaian

Z Penilaian pengamatan diberikan guru pada saat proses KBM

Z Penilaian materi tanya jawab contoh: mengidentifikasikan tabel periodik dan pengelompokan unsur

0 komentar:


Free Blogger Templates by Isnaini Dot Com. Powered by Blogger and Supported by Doocu.Com - Free PDF Upload and Share